logo loading

Wisata

Pensiun dari RRI Denpasar, Kini Mencoba Keberuntungan dengan Berjualan Lawar Babi dan Kuwir Bernama warung Gung Doyok

 Minggu, 07 April 2024

Warung gung Doyok tulikup


 

Gianyar, klungkungnews.com - Di usia pensiun, Anak Agung Gede Oka alias Gung Aji Doyok tetap kreatif. Dengan keahliannya, dia membuat warung Gung Doyok, spesialis menu lawar babi dan lawar kuwir. Usahanya dibuka di rumahnya di Banjar Meranggi, Desa Tulikup Kelod, Kecamatan Gianyar.
Pemilik warung Gung Aji Doyok dulunya merupakan PNS di RRI Denpasar. "Kebanyakan saya lihat orang yang pensiun di RRI merasa sakit, karena tidak ada aktivitas. Dulu kebiasaan berpikir dan dapat gaji full. Kini diam dan hanya dapat gaji seperempat, maka kami berpikir bagaimana di usia tua tetap sehat," ujar dia ketika ditemui  pada Minggu, 7/4/2024 di rumahnya di Banjar Meranggi, Desa Tulikup Kelod, Gianyar.
Akhirnya, dia memberanikan diri meminjam dana di BRI. Upaya itu dilakukan setahun jelang pensiun. "KUR kami ambil Rp 25 juta. Awalnya istri memulai. Begitu pensiun, langsung saya jualan lawar plek babi," jelas dia.
Awalnya, memang suka memasak. "Dulu sering membantu di tetangga, kegiatan di desa, kami belajar. Kami biasa diserahkan daging eteh-eteh untuk mekarya. Banyak yang bilang enak, jadi saya punya ide untuk jualan," jelas dia.
Awalnya menjual kecil-kecilan, dari 10 kg, kini sudah meningkat penjualannya menjadi 20 kg. "Lawar plek kami khusus daging full, seharga Rp 30 ribu," ungkap dia.
Lebih lanjut dikatakan, penggemar sementara saat ini dari kota Gianyar, Blahbatuh, Tusan Klungkung hingga Bangli.
Untuk bumbu, dirinya membuat sendiri dengan cita rasa khusus. "Bahan baku gampang kami cari, bahan lawar dari gedang, nangka, buah kacang," jelas dia.
Sementara ini, pekerjaannya keluarga dari istri, hingga menantu. Warung sendiri bukak dari Jam 7,30 Hingga Jam 10.00 Wita sudah habis 
"Sehari, rata-rata kami layani 10-50 orang," Dengan pendapatan sehari kotor Rp 2 hingga 2,5 Juta sekali bukak ungkap dia.
Dengan usahanya ini, dirinya bisa menambah uang pensiun. "Bisa untuk menambah keperluan dan penghasilan keluarga," jelas dia. (Ngakan Suardika) bagi yang ingin memesan lawar Kuwir dan Lawar Babi bisa kontak di HP (+62 878-6021-7288) gung Doyok


Penulis : Tim Klungkungnews


Siapa Calon Bupati Buleleng 2024 Selanjutnya?

Polling Dimulai per 1 Maret 2024



Siapa Calon Wakil Walikota Denpasar Selanjutnya?

Polling Dimulai per 1 Maret 2024